Selasa, 19 Oktober 2010

hewan paling langka

. The Fastest Animal in the World

Captive Peregrine Falcon Pictures,  Images and Photos
Pasti yang dibayangkan pembaca tentang hewan tercepat di dunia adalah salah satu spesies kucing besar dari daratan Afrika yaitu Cheetah. Anda tidak sepenuhnya salah, TYrips juga dulunya Cuma tahu kalo cheetah yang paling cepat soalnya rata – rata kecepatan si cheetah bisa mencapai angka 70 Mph atau 114 Km/jam. TAPI TAHUKAH ANDA KALAU HEWAN TERCEPAT DIDUNIA DIPEGANG OLEH THE PEREGRINE FALCON!!?. Hewan dengan nama latin Falco peregrinus ini adalah sejenis burung yang dulu populasinya cukup besar. Mereka tersebar diseluruh benua kecuali antartika, namun seiring tergusurnya habitat mereka oleh aktivitas manusia maka The Peregrine menjadi salah satu hewan langka saat ini. Max speed hewan ini tercatat bisa mencapai kisaran 242,3 Mph atau 390 Km/jam. Komparasikan kecepatannya dengan top speed rata – rata mobil F1 di lintasan yang ‘hanya’ sekitar 370 Km/jam. (:Wow)


2. The Strongest Animal in the World
European Rhinoceros Beetle Pictures,  Images and Photos
Setelah hewan tercepat, kali ini hewan terkuat. Pasti kalian mengira hewan terkuat didunia adalah Gajah. Kalau hewan terbesar mungkin, TAPI YANG MENYANDANG PREDIKAT SEBAGAI HEWAN TERKUAT ADALAH THE RHINOCEROS BEETLE ATAU KUMBANG BADAK. Mengapa seekor Kumbang? Ya, karna Kumbang Badak bisa mengangkat beban sebanyak 850 kali berat tubuhnya berbanding jauh dengan Gajah yang ‘hanya’ mampu mengangkat beban sebesar 25 % dari berat badannya.

3. Ostrich
Ostrich  Pictures, Images and Photos
Ostrich atau Burung unta memiliki banyak keunikan. Dalam kategori burung, Ostrich termasuk jenis burung terbesar dimuka bumi karna dia bisa mencapai tinggi 2,5 meter dan berat maksimal mencapai 180 kg bahkan bisa lebih. Daya tahan tubuh hewan ini juga yang termasuk paling hebat. Burung unta bisa bertahan hidup pada 40° Celcius hingga 0° Celcius. Kalau kalian ingin memelihara hewan ini, yang merepotkan anda hanya kandangnya. Anda harus menyiapkan kandang yang ekstra besar, namun kalau soal makanan anda tidak perlu khawatir soal kocek yang bakal dikeluarkan. Biaya makan Burung unta setahun diperkirakan hanya sekitar US$ 75 pertahunnya. Tapi jangan sekali – kali burung ini lari dari kandangnya, karna anda harus menyiapkan sebuah mobil untuk mengejar hewan ini yang bisa lari dengan kecepatan 50 Km/jam.

4. sailfish
sailfish  Pictures, Images and Photos
Anda tahu ikan layar (sailfish)? Ikan yang menjadi favorit para pemancing profesional ini ternyata masih menjadi misteri bagi para ahli bidang biologi kelautan.Hal ini disebabkan karena pergerakan ikan yang enak dagingnya itu sangat cepat dan tingkat perpindahannya (migrasi) sangat tinggi. Selain itu, ikan yang memiliki nama Latin Istiophorus albicans (untuk yang berada di Samudra Pasifik) dan Istiophorus platypterus (untuk yang bermukim di Samudra Atlantik) ini tersebar ratusan mil dari pantai. Sehingga sangat sulit bagi para ahli untuk mencari lokasi pasti mereka,melakukan proses tagging (penomeran),serta pengumpulan data. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa ikan ini memang benar-benar ‘cepat’. Percaya tidak, 36 jam setelah bertelur, telur-telur tersebut langsung menetas! Tidak hanya itu,pertumbuhan tubuh mereka sangat cepat, sekitar 6 kaki per tahun!

5. The Hardest Sound in the World
blue Whale  1 Pictures, Images and Photos
Menurut para ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah ikan paus biru (Balaenoptera Musculus), yang juga sudah diketahui banyak orang bahwa paus menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi. Suara ikan paus biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Bahkan lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras, dan juga lebih keras dari ledakan bom. Seberapa keraskah suara ikan paus biru tersebut? SUARA IKAN INI MENCAPAI 188 DESIBEL Lebih keras dari suara 1 juta mesin jet yang kalau dikumpulkan ‘hanya’ mencapai tingkat kekerasan 120 – 130 desibel. Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Yang perlu kita syukuri pada Yang Maha Kuasa saat ini adalah bahwa paus diciptakan sebagai hewan laut yang tidak bisa hidup di darat.

6. The Smallest Vertebrata in the World
Phylum  Chordata - - Subphylum Vertebrata Pictures, Images and Photos
Mau tahu hewan bertulang belakang (vertebrata) terkecil di dunia? Sejenis ikan kerdil yang disebut stout infantfish ditetapkan sebagai hewan bertulang belakang paling mungil dan paling ringan sedunia. Ikan yang hidup di sekitar perairan Great Barrier Reef, Australia, ini panjangnya hanya 7 milimeter! Sebenarnya, ikan dari Australia itu memiliki saingan, yaitu sejenis ikan yang memiliki nama latin paedocypris progenetica yang ditemukan di rawa-rawa gambut di Pulau Sumatera. Hewan tersebut memiliki panjang sekitar 7,9 milimeter.



HEWAN – HEWAN ANEH HASIL KELAINAN GENETIK 1. Kodok Kepala Tiga Ini adalah sejenis Kodok berkepala tiga yang ditemukan oleh seorang anak di Inggris.Konon, yang menyebabkan fisik hewan ini menjadi seperti ini akibat pencemaran lingkungan sehingga memutasi hewan ini menjadi kepala tiga.



2. Anak Kucing Bermata satu
Sempat dinyatakan sebagai salah satu hasil manipulasi foto. Namun kenyataannya hewan ini sempat bertahan hidup selama 1 hari tanpa hidung.




3. Ayam Tanpa kepala

Inilah salah satu hewan legendaris dan sempat mencatatkan namanya ke dalam World Guiness Book of Record. Mike adalah seekor ayam yang lahir dengan keunikan genetika yaitu tanpa kepala, namun ayam ini bisa bertahan hidup selama setahun lebih.



4. Beruang Ungu Pelusa, seekor beruang kutub betina memiliki bulu berwarna ungu setelah mendapat treatment untuk kulit. Pelusa dapat ditemui di kebun binatang Mendoza City di Argentina. Namun beberapa hari kemudian, bulu Pelusa kembali ke warna aslinya, yaitu putih.




5. Liger
Dilihat sepintas hewan ini pasti dikira ‘hanya Singa biasa’. Namun Hewan ini adalah Liger yaitu hasil persilangan antara Singa jantan dan Harimau betina.




6. Tigon Hewan ini adalah kebalikan dari Liger, yaitu hasil persilangan antara Harimau jantan dan Singa betina.




HEWAN – HEWAN MENGERIKAN 1. Cumi – Cumi Kutub Selatan Berbeda dengan cumi-cumi raksasa (Architeutis) yang lengan dan tentakelnya hanya dilengkapi penghisap dengan gigi – gigi kecil, lengan dan tentakel cumi-cumi kutub selatan ini juga dilengkapi dengan pengait tajam. Cumi-cumi ini merupakan cumi-cumi terbesar melebihi ukuran dan daya tahan cumi-cumi raksasa. Selain itu cumi-cumi kutub selatan merupakan binatang dengan mata yang paling besar di dunia fauna.



2. Tikus Mondok Berhidung Bintang Hewan dengan nama latin Condylura cristata ini mempunyai bulu-bulu anti air berwarnacoklat kehitaman dan kaki berukuran besar serta ekor yang panjang dan tebal yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan lemak untuk musim semi.Tentakel – tentakel di hidungnya sangat sensitif dan dilapisi oleh organ – organ sensor Eimer. Diameter hidungnya sekitar 1 cm dengan hampir 25,000 organ sensor pada 22 tentakelnya.Tikus mondok ini tidak mempunyai kemampuan penglihatan jadi alat – alat sensor inilah yang digunakan untuk mendeteksi mangsanya yang berukuran kecil seperti serangga air, cacing dan moluska.Tikus Mondok Merupakan binatang tercepat dalam memangsa mangsanya, paling cepat hanya membutuhkan 120 milidetik untuk mengetahui keberadaaan mangsanya dan kemudian memakannya. Otaknya dapat memutuskan suatu mangsa dapat dimakan atau tidak dalam waktu 8 milidetik. Kecepatan ini adalah batas kecepatan dari sel-sel syaraf di otak dalam mentransmisikan informasi. Tikus ini juga memiliki kemampuan untuk mencium mangsa di bawah air. Hal ini dilakukan dengan mengeluarkan gelembung udara ke mangsanya atau mencium jejak mangsanya dan kemudian menghirup gelembung udara tadi kembali untuk mencium bau mangsanya.




3. Aye – Aye Dilihat dari fisiknya hewan ini bisa dikategorikan hewan mengerikan. Hewan ini bernama latin Daubentonia madagascariensis memiliki tangan yang aneh dan mengerikan bentuknya. Aye – aye juga memiliki keunikan pada saat fauna ini mencari makanan, dia mengetuk pepohonan untuk mencari makanan, kemudian melubangi pohon dan memasukkan jari tengahnya yang panjang untuk menarik keluar makanan dari dalam batang pohon (mirip burung woodpecker).

tangan Aye – aye




4. Kodok Penggali Liang Meksiko Tidak seperti spesies katak lainnnya, kodok ini mempunyai kaki bertanduk, mirip dengan sekop, membantunya untuk menggali liang. Kodok ini menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam tanah. Mereka akan menempuh jarak 1,6 kilometer untuk mencari sumber air yang cocok untuk bertelur.


5. Narwhal
Hewan ini mirip dengan legenda
Unicorn cuman dalam versi aquatic. Hewan ini memilik gading tunggal yang panjangnya 2-3 meter. Gading ini merupakan gigi seri yang tumbuh dari bagian kiri rahang dan berbentuk spiral. Panjang gading ini dapat mencapai tiga meter (bandingkan dengan panjang tubuhnya yang hanya 4-6 m) dan berat gading bisa sampai 10 kg. Dari sekitar 500 narwhal jantan hanya ada satu yang mempunyai dua gading, yang terjadi bila gigi yang sebelah yang biasanya berukuran kecil, juga tumbuh keluar. Narwhal betina juga dapat menghasilkan gading, tapi ini jarang terjadi, dan ada satu kasusyang tercatat perempuan dengan dual tusks. Teori yang paling banyak diterima menyebutkan fungsi gading ini adalah sebagai ciri seks sekunder, mirip dengan surai yang dimiliki singa atau bulu ekor merak.Jarang Narwhals ditemukan menggunakan gading mereka untuk berkelahi atau memecah es Kutub Utara yang menjadi habitat mereka.

6. Kelelawar Madagaskar Dengan Kaki Penghisap Hewan ini memiliki seperti mangkuk penghisap dipergelangan tangan dan kaki. Mereka berdiam di daun pohon kelapa yang tergulung, menggunakan ‘mangkuk penghisap’ nya itu untuk menempelkan diri ke permukaan daun yang halus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar