Selasa, 19 Oktober 2010

Monkey D Luffy

Monkey D. Luffy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Monkey D. Luffy
Monkey D. Luffy dari serial anime dan manga One Piece.
Nama Jepang モンキー・D・ルフィ
Nama Romaji Monkī D. Rufi
Nama Monkey D. Luffy
Julukan "Luffy si Topi Jerami"
Raja Bajak Laut (Kaizoku Ou)
Pengisi suara Mayumi Tanaka
Urara Takano (OVA)
Muncul dalam Manga orisinal
Penampilan pertama Manga Volume #1-Chapter #1
Anime Episode #1
Spesies Manusia
Harga 400,000,000 Berry
Buah Iblis
Gomu Gomu no Mi
Arti Buah "Karet-Karet"
Nama Buah Gom Gom
Tipe Paramecia
Kekuatan Buah ini membuat tubuh pemakannya bersifat seperti karet; lentur dan elastis. Karena sifat isolator yang dimiliki oleh karet, Luffy kebal terhadap serangan petir dan listrik.
Kategori:Karakter One Piece
Monkey D. Luffy (モンキー・D・ルフィ Monkī Dī Rufi?) adalah nama seorang bajak laut fiksi dari serial anime dan manga One Piece.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Tentang Luffy

Dia adalah kapten dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, dan berasal dari Desa Fusha. Sebelumnya, kepala Luffy dihargai 30 juta berry setelah mengalahkan Arlong dan menjadi harga tertinggi di wilayah East Blue (nilai nominal untuk kriminal di East Blue adalah 10 juta berry). Kemudian dia meraih harga 100 juta berry untuk kepalanya setelah mengalahkan Crocodile, salah satu dari Sichibukai, dan naik menjadi 300 juta berry setelah peristiwa di Enies Lobby

[sunting] Penampilan

Monkey D Luffy mempunyai ciri khas tersendiri yaitu topi jerami (ini sebabnya dia dijuluki topi jerami) yang dia dapat saat masih kecil, dari bajak laut terkenal Shanks si rambut merah, celana pendek warna biru, sandal dan kemeja tanpa lengan berwarna merah,dan dia berambut hitam. Dia juga punya bekas luka di bawah mata kirinya yang ia buat sendiri untuk membuktikan bahwa ia sudah dewasa dan berani.
Luffy selalu menggunakan baju bermodel sama setiap saat (hanya saja kadang-kadang warnanya berbeda), berbeda dengan Nami, Nico Robin, Sanji, bahkan Roronoa Zoro. Dia akan menggunakan baju yang berbeda untuk menyesuaikan diri dengan iklim dan cuaca (misalnya cuaca dingin di Drum Kingdom dan panas gurun di Alabasta), tapi akan kembali menggunakan baju asalnya setelah petualangannya berakhir. Fashion Luffy yang lain misalnya saat petualangan di Skypiea, Luffy membuka kancing bajunya dan mengenakan gelang. Saat pertarungan Davy Back Fight dengan kelompok Bajak Laut Foxy, Luffy mengenakan rambut Afro, sarung tinju, dan celana merah. Saat peristiwa di Enies Lobby, luffy mengenakan baju merah dan celana coklat.

[sunting] Buah Gomu Gomu

Ketika Luffy masih muda, dia secara tidak sengaja memakan Buah Iblis (di versi anime, dia memakannya asal-asalan dengan marah karena merajuk pada Shanks) yaitu Buah Gomu Gomu yang ia anggap adalah makanan penutup. Buah Gomu Gomu (Gomu berarti karet) adalah salah satu dari buah iblis yang menyebabkan tubuh pengguna menjadi melar layaknya karet dan bisa memanjangkan anggota tubuhnya. Selain itu, pengguna bisa kebal terhadap serangan fisik, bahkan peluru sekalipun dan menghantarkan listrik. Kelemahannya adalah benda tajam dan mungkin juga api.
Luffy menggunakan kekuatan Buah ini sebagai ciri bertarungnya yang khas, yaitu memanjangkan lengan untuk meninju atau memanjangkan kaki untuk menendang dan bisa menggembungkan tubuh untuk pertahanan diri. Luffy mempelajari struktur tubuhnya sangat dalam, sehingga mendapat banyak variasi dari jurus "gomu"nya. Terakhir, Luffy mempelajari keuntungan sebuah tubuh karet, dapat untuk memompa aliran darah dan mempercepat sistem transportasi energi, sehingga dia mendapat energi lebih banyak dari tubuhnya, dan tubuhnya juga mengeluarkan uap (ini dinamakan metode dopping). Gerakan ini dia namakan sebagai Gear Second. Kelebihan dari Gear Second adalah kecepatan dan kekuatan Luffy menjadi berkali-kali lipat dari sebelumnya, tetapi hanya untuk waktu yang singkat. Dengan kecepatan yang melebihi angin dan stimulan tenaga yang berlipat ganda, bahkan ara petarung super CP9 pun kewlahan menghadapi dirinya.
Luffy juga menemukan jurus yang lain yaitu Gear Third. Gear Third merupakan suatu teknik dengan memompakan udara ke dalam tulang karetnya sehingga akan membuat sebagian tubuhnya menjadi besar. Jurus ini berbeda dengan gomu-gomu no fusen yang hanya dapat menyimpan udara di dalam perutnya, udara yang disimpan dengan jurus ini dapat ditransferkan ke tangan dan kaki sehingga membuatnya bisa mengeluarkan semua jurus "gomu"nya dalam bentuk raksasa. Kelebihan dari Gear Third adalah kekuatan menjadi berkali-kali lipat melebihi kekuatan pada saat Gear Second, tetapi kekurangannya adalah kecepatannya menurun drastis. Selain itu, tubuh Luffy akan menyusut menjadi kecil setelah Gear Third selesai digunakan dan akan kembali beberapa saat setelah menggunakan Gear Third.
Jurus-jurus Luffy
  • Gomu Gomu No Pistol : Luffy Meninju sambil melenturkan 1 tangannya.
  • Gomu Gomu No Rocket : Luffy mengambil ancang-ancang seperti sebuah ketapel dan menerbangkan dirinya sendiri dengan kecepatan tinggi.
  • Gomu Gomu No Muchi (cambuk) : Luffy memanjangkan kakinya dan menendang dari samping.
  • Gomu Gomu No Screw : Luffy memutar (mengulung-gulung) 2 tangannya dan memegang musuhnya lalu memutar balik tangannya sehingga terjadi putaran yang cepat.
  • Gomu Gomu No Gatling : Seperti Pistol, tapi kali ini dia menggunakan kedua tangannya untuk meninju musuh secara berulang kali dengan kecepatan yang sangat tinggi.
  • Gomu Gomu No Fusen (balon) : Luffy menghirup udara sebanyak banyaknya melalui mulut, sehingga membuat tubuhnya mengembung seperti balon.
  • Gomu Gomu No Bullet : Seperti Pistol, tapi sebelumnya dia telah melenturkan tangannya ke belakang sehingga dampaknya lebih besar.
  • Gomu Gomu No Bazooka : Seperti Bullet, Tapi dia menggunakan 2 tangan dan telapak tangannya terbuka.
  • Gomu Gomu No Stamp : Seperti Pistol, Tapi kali ini dia melenturkan 1 kakinya untuk menendang.
  • Gomu Gomu No Yari (tombak) : Luffy saling menempelkan kedua telapak kakinya untuk melakukan Gomu Gomu No Stamp.
  • Gomu Gomu No Kane (lonceng) : Luffy memanjangkan kepalanya ke belakang dan membenturkan kepalanya.
  • Gomu Gomu No Ono (kapak) : Luffy melenturkan kakinya setinggi mungkin keatas, kemudian membiarkan kakinya kembali dan menghantam musuh yang berada dibawahnya.
  • Gomu Gomu No Kazaguruma (baling-baling) : Luffy memutar (menggulung-gulung) badannya, memegang musuhnya lalu memutar balik badannya sehingga musuhnya berputar-putar dan terlempar sekaligus menghancurkan sekelilingnya.
  • Gomu Gomu No Tate (perisai) : Luffy menarik jarinya untuk menangkap musuhnya.
  • Gomu Gomu No Ami (jaring) : Luffy membentuk jari-jarinya seperti jaring untuk menangkap musuhnya.
  • Gomu Gomu No Baku Baku : Luffy membuat mulutnya menjadi besar dan memakan lawannya.(dinamakan baku baku karena mirip dengan wapol yang bisa memakan apa saja. wapol telah memakan buah baku baku)
  • Gomu Gomu No Shotgun : Luffy malakukan Gomu Gomu No Pistol kemudian membentuk gelombang di tangannya.
  • Gomu Gomu No Storm : Luffy melakukan Gomu Gomu No Fusen kemudian memutar tubuhnya dan terbang ke udara dengan menghembuskan nafas kemudian melakukan Gomu Gomu No Gatling ke atas sambil berputar-putar.
  • Gomu Gomu No Hanabi (kembang api) : Luffy berputar-putar dan menyerang lawannya dengan tangan dan kakinya ke segala arah.
  • Gomu Gomu No Rifle : Sama seperti Bullet, tapi kali ini dia memutar tangannya lebih dulu sehingga tinjunya menjadi lebih bertenaga.
  • Gomu Gomu No Tako Hanabi (kembang api gurita) : Luffy melakukan Gomu Gomu No Hanabi dan memantulkannya ke dinding (membabi buta).
  • Gomu Gomu No Hanabi Ougon Botan (kembang api bunga peoni emas) : Luffy melakukan Gomu Gomu No Hanabi dengan lilin emas (milik Enel) yang mengeras di tangan kanannya. Digunakan saat melawan Enel untuk memecahkan Raigo milik Enel.
  • Gomu Gomu No Bo : Luffy mengosongkan pikirannya agar gerakannya tidak dibaca lawan.Digunakan olehnya untuk melawan Mantra milik Enel.
  • Gomu Gomu No Ougon Rifle (rifle emas) : Luffy melakukan Gomu Gomu No Rifle dengan lilin emas (milik Enel) yang mengeras di tangan kanannya. Digunakan saat mengalahkan Enel.
  • Gomu Gomu No Flail : Luffy memutar tangannya di atas lalu meninju lawannya.
  • Gomu Gomu No Cannon : Luffy melakukan Gomu Gomu No Gatling sampai bayangan tangannya sudah banyak lalu mengumpulkan semua tangannya untuk satu pukulan.
  • Gomu Gomu No Mikata Robot : Luffy Menjerat tangan dan kaki musuhnya dan mengendalikan gerakannya.
  • Gomu Gomu No Ame (hujan): Luffy melakukan Gomu Gomu No Storm tapi dari atas kebawah seperti hujan.
  • Gomu Gomu No Champion Rifle : Luffy melakukan Gomu Gomu No Rifle dengan lilin milik Mr. 3 agar tidak mempan dengan racun milik Magellan saat melawan Magellan.
Semua jurus di atas namanya akan ditambahkan kata "Jet" (contoh : Jet Pistol) didepannya jika Luffy menggunakan Gear Second. Sedangkan, Jika Luffy menggunakan Gear Third semua jurus di atas namanya akan ditambahkan kata "Gigant" (contoh : Gigant Pistol) didepannya.
Jurus-jurus yang hanya ada dalam Gear
  • Gomu Gomu No Twin Jet Pistol : Luffy menggunakan Gear Second dan melakukan Gomu Gomu No Pistol dengan 2 tangan.
  • Gomu Gomu No Gigant Jet Shell : Luffy menggabungkan Gear Second dan Gear Third membesarkan badannya lalu membenturkan dirinya pada musuhnya.
Jurus-jurus yang lainnya
  • Haki : Kekuatan ini masih misterius dan belum jelas. Kekuatan ini dapat membaca gerakan, menonaktifkan buah iblis, bahkan membuat orang yang tidak dapat menahannya pingsan.
  • Haoushoku Haki : Haki level tinggi yang dikatakan hanya dimiliki satu dari sejuta orang. Sampai saat ini, yang pernah terlihat menggunakan kekuatan ini adalah Shanks si Rambut Merah dan Silvers Rayleight, selain itu Boa Hancock juga dikatakan memiliki kekuatan ini dan di cerita 568 terlihat luffy berteriak keras saat ace akan di eksekusi,2 orang yang akan memenggal kepala ace itu pingsan karena tidak tahan oleh haki luar biasa luffy,sirohige mengatakan
"BOCAH ITU,LEDAKAN ALAMI SANG RAJA"

[sunting] Kepribadian

Luffy adalah orang yang easy going dan sejak awal terlihat sama sekali tidak pintar.Sebagai seorang bajak laut Luffy bisa dikatakan sangat awam karena tidak mengetahui apapun tentang kompas dan ilmu kelautan. Selain itu dia tidak bisa berenang karena memakan Buah Gomu Gomu.
Kapten dari kelompok bajak laut topi jerami ini punya sikap yang bodoh dan konyol terhadap para anak buahnya, walaupun dia menganggap anak buahnya sebagai "seorang teman" daripada sebagai bawahan. Para anak buahnya seperti Sanji, Nami, dan Usopp kadangkala memukulinya karena kebodohan yang ia buat. Tetapi mereka sangat menghormatinya karena keteguhan hatinya sebagai seorang Kapten. Contohnya Roronoa Zoro, dia adalah teman terbaik Luffy dan yang paling mengerti Luffy (ketika peristiwa Usopp dan Aokiji) serta Robin adalah orang yang sama sekali tidak pernah mengejeknya ataupun memukulnya dan paling menghormatinya.
Luffy juga menjadi orang sumber masalah dan juga pencerah suasana di kapal. Kadang para kru direpotkan oleh ulahnya, karena ia suka bertindak seenaknya.
Luffy merasa harus memikul tanggung jawab seluruh anggota kelompok, tentunya sebagai kapten. Dia akan marah jika ada seseorang yang sampai menyakiti temannya. Misalnya dia bersumpah menghajar Sir Crocodile karena sudah membuat Vivi menangis (walau secara tidak langsung). Setelah mengalami pertempuran dengan Aokiji, Luffy mulai merasa pentingnya melindungi sahabatnya, terlebih setelah Usopp meninggalkan kru. Ketika Robin diculik oleh CP9, Luffy dan yang lain berusaha untuk menyelamatkannya. Walaupun menjadikan World Government sebagai musuh mereka. Luffy sendiri mulai serius untuk melindungi sahabatnya, tergambar dalam jurus baru Luffy yang khusus untuk menghadapi musuhnya yang menculik Robin, Gear.
Luffy sama sekali tidak pernah membunuh musuhnya, karena bagi Luffy kehilangan harga diri karena dikalahkan akan lebih menyakitkan daripada merenggut nyawa.

[sunting] Keluarga

Keluarga Monkey D. Luffy di penuhi misteri. Yang pertama diketahui dia adalah adik angkat dari Portgas D. Ace, komandan divisi 2 dari kelompok bajak laut shirohige. Kemudian di Water 7, dia bertemu kakeknya yang selama ini merawatnya, Monkey D. Garp. Dan anehnya, Garp sendiri adalah seorang laksamana madya legendaris dari angkatan laut. Disini juga diceritakan tentang kebenaran ayah Monkey D. Luffy. Sang Kriminal terburuk di dunia, revolusioner Dragon adalah ayah Monkey D. Luffy dengan nama lengkap Monkey D. Dragon. Tapi yang jelas, Monkey D. Dragon adalah salah satu penyandang nama D. di kisah ini, juga seluruh keluarganya. Setelah diselidiki oleh angkatan laut, pada saat Portgas D. Ace akan dieksekusi, diumumkan bahwa ayah-nya adalah Gold D. Roger dan ibunya Portgas D. Rouge. Kemudian dijelaskan juga dalam flashback bahwa Ace sebenarnya bukan kakak kandung Monkey D Luffy. Ia dititipkan oleh Roger pada Garp dan Garp memperkenalkan Ace sebagai "saudara baru" Monkey D Luffy.

[sunting] Sejarah

Ketika Garp pergi, Luffy kecil diasuh oleh Mayor Woop Slap dan Makino

[sunting] Luffy dan Shanks

Ketika Monkey D Luffy masih kecil, dia bertemu kelompok bajak laut yang singgah di desanya. Kelompok bajak laut tersebut dipimpin oleh Shanks dan Luffy ingin sekali bergabung dengannya. Luffy menusuk bagian bawah matanya dengan pisau sebagai tanda bahwa ia mempunyai keberanian, tetapi Shanks tetap menolaknya. Setelah Luffy bertemu dengan Higuma, Luffy diculik oleh kawanan perompak gunung dan Luffy dibawanya ke laut. Shanks menolongnya walaupun harus kehilangan sebelah tangannya. Ternyata alasan Shanks menolak Luffy adalah karena dahsyatnya lautan. Kemudian Luffy berjanji akan melebihi Shanks dan menjadi raja bajak laut lalu Shanks memberikan topi jeraminya dan berkata:
" Kuberikan topi berhargaku ini padamu, kelak kau harus mengembalikannya padaku"

[sunting] Sekarang

Setelah perang besar dengan pihak marine, Luffy mengalami taruma yang sangat besar atas kematian Ace. Luffy kemudian mengamuk di pulau Kuja dan coba dihentikan oleh Jimbei. Rayleigh kemudian datang ke pulau kuja dengan berenang setelah kapalnya tenggelam. Rayleigh nampaknya punya kenangan tersendiri di pulau ni karena semua orang mengenalnya. kedatangan Rayleigh adalah ingin mengajak Luffy dan Jimbei kembali ke MArine HQ untuk menyampaikan pesan kepada kru topi jerami yang lain untuk bertemu kembali setelah dua tahun. Setelah kejadian tersebut Luffy kemudian pergi bersama Rayleigh untuk berlatih menggunakan kekuatan haki. dua tahun kemudian Luffy kembali ke pulau Shabaody namun dia bertemu dengan bajak laut yang meniru bajak laut topi jerami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar